Jika kamu baru memulai bisnis online, kamu mungkin bertanya-tanya apa yang harus dilakukan untuk memastikan situs web atau aplikasimu bisa ditemukan oleh orang-orang di mesin pencari atau app store.

Dua strategi pemasaran digital yang dapat membantu dalam hal ini adalah SEO (Search Engine Optimization) dan ASO (App Store Optimization).

Meskipun keduanya berfungsi untuk meningkatkan visibilitas secara organik (tidak berbayar), namun mereka memiliki sedikit perbedaan pada tujuan dan cara optimasinya.

Baca artikel ini untuk tahu lebih lanjut soal SEO dan ASO.

Apa itu SEO?

SEO adalah serangkaian teknik yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas website kamu di halaman hasil pencarian (SERP), secara organik.

Lihat juga artikel kami tentang cara kerja search engine terbesar ini.

Apa itu ASO?

ASO (App Store Optimization) adalah serangkaian langkah optimasi yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas aplikasi kamu di marketplace penyedia aplikasi seperti Google Play atau App Store. 

Perbedaan antara SEO dan ASO

Walaupun sekilas memiliki persamaan, namun ada beberapa perbedaan signifikan diantara kedua strategi optimasi ini. Antara lain:

No.SEO (Search Engine Optimization)ASO (App Store Optimization)
1.Meningkatkan visibilitas websiteMeningkatkan visibilitas aplikasi
2.Arenanya: Search Engine (Mesin Pencari)Arenanya: Application Store
3.Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness harus berkualitasRating dan review harus tinggi
4.Jumlah traffic organic dan conversion jadi targetJumlah pengunduhan aplikasi jadi target
5.Tools: Google Search Console, Google Analytics 4, SEO Tools (Ahrefs, Semrush, Screaming Frog), dsb.Tools: Google Analytics 4, AppsFlyer, App Radar, Data.ai, Apple Analytics, Firebase, dsb.

Cara Optimasi SEO dan ASO

Setelah mengetahui adanya beberapa poin yang berbeda antara SEO dan ASO, maka langkah optimasi yang kita terapkan juga akan sedikit berbeda dengan keduanya.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimasi kedua strategi ini:

Area yang dioptimalkan dalam SEO

Kualitas Konten

Tidak terbatas pada jumlah kata tertentu, konten kamu haruslah relevan dengan niche website kamu.

Konten kamu harus mencerminkan pengalaman (experience), kemampuan (expertise), keabsahan (authoritativeness), dan juga tingkat kepercayaan (trustworthiness).

Topik dan Riset Kata Kunci (Topic and Keyword Research)

Selalu buat konten yang relevan dengan niche brand ata websitemu. Kamu bisa menggunakan beberapa tools seperti Ahrefs, Semrush, dan Ubersuggest untuk membantumu dalam riset kata kunci ini.

Kecepatan website

Kecepatan website saat diakses menjadi salah faktor penting dalam SEO.

Hal ini sangat erat kaitannya dengan tingkat kepuasan visitor saat mengunjungi sebuah website. Tidak ada yang suka dengan website yang lambat kan?

Mobile-friendly

Menurut Statcounter.com market share pengguna mobile phone sudah mencapai 63.34% dari keseluruhan pengguna internet di Indonesia.

Karena itu desain website yang responsive dan mobile-friendly menjadi salah satu faktor penting juga dalam SEO.

Title Tag dan Meta Description

Penempatan keyword yang ditargetkan dan juga pemilihan judul dan meta description yang menarik, akan meningkatkan peluang kontenmu yang sudah terindeks untuk di-klik oleh pengguna.

Linking Strategy

Strategi tautan antar halaman yang relevan juga akan membantu search engine crawler dan visitor websitemu untuk bisa menemukan konten-konten lain yang bermanfaat.

Elemen Technical

Ada beberapa elemen yang sedikit membutuhkan pemahaman sebuah website secara technical sebagai faktor pendukung keberhasilan strategi SEO-mu, antara lain:

  • Breadcrumbs
  • Schema markup atau structured data
  • Meta canonical tag
  • Hreflang tag (untuk website multi bahasa)
  • Meta robots tag

Elemen Visual

Elemen visual seperti gambar, video, infografis, tabel interaktif juga akan sangat membantu kualitas kontenmu dan akan membuat konten mu terlihat lebih menarik.

Area yang dioptimalkan dalam ASO

Pemilihan Kata Kunci yang Tepat

Kata kunci adalah salah satu faktor utama dalam optimasi ASO. Memilih kata kunci yang tepat dan relevan untuk aplikasimu sangat penting untuk meningkatkan peringkat mu di toko aplikasi. Kamu dapat menggunakan berbagai alat untuk menemukan kata kunci yang tepat seperti Sensor Tower, dan Data.ai (dulu App Annie).

Menulis Deskripsi Aplikasi yang Menarik

Deskripsi aplikasi yang menarik dan informatif sangat penting untuk menarik pengguna. Deskripsi yang baik harus memberikan informasi tentang fitur-fitur utama dari aplikasimu dan menggambarkan manfaat yang bisa didapatkan pengguna dengan menggunakan aplikasimu.

Memilih Nama Aplikasi yang Mudah diingat

Nama aplikasi adalah hal pertama yang dilihat oleh pengguna ketika mereka mencari aplikasi di toko aplikasi. Memilih nama yang mudah diingat dan relevan dengan aplikasimu akan membantu meningkatkan jumlah pengguna dan peringkat aplikasimu.

Elemen Visual yang Menarik

Screenshot dan video yang menarik dapat membantumu menunjukkan fitur-fitur unik dari aplikasimu. Gunakan screenshot dan video untuk menarik perhatian pengguna dan membantu mereka memahami lebih baik tentang aplikasimu.

Ikon aplikasi yang menarik juga bisa meningkatkan ketertarikan seseorang untuk mengunduh aplikasi kamu juga loh.

Meningkatkan Jumlah Unduhan dan Rating

Jumlah unduhan dan rating juga sangat penting dalam optimasi ASO. Semakin banyak unduhan dan rating yang aplikasimu miliki, semakin tinggi peringkat aplikasimu di application store. Kamu dapat meningkatkan jumlah unduhan dengan melakukan promosi aplikasimu di media sosial dan iklan digital.

Menjaga Kualitas Aplikasi

Menjaga kualitas aplikasimu sangat penting untuk meningkatkan peringkat aplikasimu di toko aplikasi. Pastikan aplikasimu bekerja dengan lancar dan tidak ada bug atau masalah teknis lainnya.

Kualitas aplikasi yang jelek akan menurunkan kredibilitas dan juga rating dari aplikasimu. Jadi selalu perhatikan hal ini.

Mengoptimalkan Gambar Aplikasi

Gambar aplikasi adalah hal pertama yang dilihat oleh pengguna ketika mereka mencari aplikasi di toko aplikasi. 

Pastikan gambar aplikasimu menarik dan relevan dengan aplikasimu. Gunakan gambar yang berkualitas tinggi dan memiliki ukuran yang sesuai dengan persyaratan masing-masing application store.

Trending